Belajar terus

CAREER CENTER SMK

USULAN PANDUAN  PENYELENGGARA CAREER CENTER JAWA TENGAH

DIADAKAN DI N2PNFI, SEMARANG 2010

KATA PENGANTAR

Rencana Strategis Pendidikan Nasional maupun Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah merancang ukuran kinerja dengan berpedoman kepada 3 pilar pendidikan yaitu : peningkatan mutu dan relevansi, perluasan dan pemerataan akses, serta peningkatan efisiensi manajemen dengan menerapkan prinsip Good Governance.

Mengacu pada salah satu peran SMK adalah sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan yang dapat diakses seluruh masyarakat, peran ini sangat strategis sekali yang dapat diperankan oleh SMK dalam membina, melatih dan membekali ketrampilan/kompetensi kepada masyarakat yang dulunya sulit dalam mencari pekerjaan karena tidak mempunyai ketrampilan untuk masuk pasar kerja dengan bekal ketrampilan yang diperolehnya.

Program Career center sangat membantu masyarakat dengan membekali life sklii sehingga tidak lagi menjadi pengangguran absolut melainkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan paling tidak untuk dirinya sendiri yang muaranya dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004 dan pemerintah akan tetap berkomitmen melanjutkan program Career Center, hal ini dapat dilihat dengan besarnya kucuran dana pada setiap tahunnya sehingga akan meng-cover lebih banyak SMK yang menyelenggarakannya.

Untuk mencapai keberhasilan program Career Center tersebut perlu adanya pedoman pengembangan dan pengelolaan yang jelas, baik itu mengenai pengorganisasiannya, penggunaan dana, pelaksanaan maupun hasil yang akan dicapai secara maksimal serta perlunya menerapkan prinsip-prinsip yang akuntabel. Hal itu sangat penting demi kelancaran program Pelatihan Career Center pada masa mendatang yang dampaknya dapat kita rasakan baik sebagai sarana pusat  pendidikan dan pelatihan masyarakat sekaligus sebagai pusat pengembangan sains dan teknologi.

Peningkatan kualitas SDM dan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga setelah mengikuti Workshop Pembinaan Penyelenggara Career Center SMK Jawa Tengah ini, diharapkan para peserta mampu menerapkan hasil dan mengembangkannya di daeerah masing-masing

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Sejalan dengan arah kebijakan Rencana Strategis Pendidikan Nasional dan dengan memperhitungkan berbagai permasalahan yang terjadi dalam lingkungan strategis serta isu-isu strategis dalam pembangunan nasional, Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah merancang ukuran kinerja dengan berpedoman pada 3 pilar pendidikan yaitu :

  1. Peningkatan mutu dan relevansi SMK
  2. Perluasan dan pemerataan akses
  3. Peningkatan efisiensi manajemen SMK dengan menerapkan prinsip Good Governance

Jawa Tengah menuju provinsi vokasi telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan Nasional pada 12 April 2008 di Surakarta dengan ditandainya Memorandum of Agreement antara Gubernur Jawa Tengah dengan Bupati/Walikota se-Jawa Tengah merupakan awal dari pengembangan dan pembinaan jenjang pendidikan kejuruan untuk merealisasikan SMK : SMA tahun 2009 – 2010 menjadi 60 : 40, yang kemudian menuju 70 : 30 pada tahun 2015 nanti. Salah satu kebijakan dan target yang dicanangkan oleh Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah adalah :

  1. Peningkatan peran SMK sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan
  2. Pusat pengembangan Sains dan Teknologi
  3. Pusat Produksi dan Pemasaran

Peran SMK sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan akan terus didorong, salah satunya melalui program Career Center yang tahun 2010 ini dialokasikan untuk pengembangan Career Center sejumlah 110 SMK Negeri/Swasta di Jawa Tengah. Career Center merupakan salah satu program strategis untuk mendukung Jawa Tengah sebagai Provinsi Vokasi, karena langsung menyentuh pada masyarakat luas yang diprediksi dapat mempercepat pengurangan anaka pengangguran dan pengentasan kemiskinan.

DASAR

Dasar dari penyelenggaraan Career Center SMK Jawa Tengah adalah :

  1. Undang-undang no. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-undang no. 32 tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah
  3. Undang-undang no. 33 tahun 2004, tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah)
  4. Peraturan Pemerintah no. 25 tahun 2000, tentang kewenangan Pemerintah dan kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom
  5. Peratuan Daerah Propinsi Jawa Tengah no. 6 tahun 2008, tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Propinsi Jawa tengah
  6. Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah no. 954/00350/2009 Januari 2009, tentang Susunan Pejabat Pelaksana Teknis kegiatan, Pembantu Bendahara  Pengeluaran Pembantu, Petugas Administrasi Keuangan, Petugas Akutansi dan verifikasi Dinas Pendidikan Provissi Jawa Tengah

TUJUAN

Tujuan diadakan Workshop Pembinaan Penyelenggara Career Center smk Jawa Tengah Tahun 2010 ini antara lain :

  1. Mengembangkan dan membangun jaringan kerja sama antara SMK di Jawa Tengah Pelaksana Program Career Center dalam upaya meningkatkan keterampilan masyarakat
  2. Memberikan bekal Pengelola Career Center dalam penyelenggaraan dan pengelolaan Career Center
  3. Melakukan Iventarisasi SMK di Jawa tengah yang menyelenggarakan Career Center sekaligus, pendataan peserta diklat
  4. Menyempurnakan draft pedoman penyelenggaraan dan pengelolaan Career Center

HASIL YANG DIHARAPKAN

Melalui Kegiatan ini, hasil yang diharapkan antara lain adalah :

  1. Terbentuknya jaringan kerja sama antara SMK Pengelola Program Career Center
  2. Meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan Career center secara optimal
  3. Terdatanya SMK pengelola Career Center dan data peserta pendidikan dan pelatihan
  4. Dihasilkannya penyempurnaan draft Pedoman Penyelenggaraan dan Pengelolaan Career Center SMK
Hari Kegiatan Penyaji
Sabtu Pembimbingan Penyelenggaraan Career Center Sesi 1 Bp. Jawardi
Sharing Career Center dari SMK 2 Muhammadiyah Mertoyudan Drs. Ngudiyono
Minggu Sharing Career Center dari SMK Negeri 2 Magelang Bp. Jawardi
Sharing Career Center dari SMK Negeri 3 Magelang Bp. Arisandi
Pembukaan Workshop Bp. Kartono
Sharing Career Center dari SMK Warga, (Pusdiklat SUZUKI) Bp. Heru
Pembuatan rencana buku panduan CC dan profil CC kelompok TekInf Arisandi (Kurikulum SMK Warga)

ISI

Pembimbingan Penyelenggaraan Career Center Sesi 1
Oleh Bp. Jawardi :

Hendaknya Career Center yang ada di sekolah-sekolah memiliki visi yang sama, baik dari propinsi Jawa Tengah dengan Kabupaten Kota, sehingga dana yang akan diberikan di sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara Career Center dapat dikelola untuk melaksanakan pendidikan masyarakat
Untuk menunjang Propinsi Jawa Tengah sebagai Propinsi Vokasi, seperti yang telah di sebutkan dalam latar belakang, maka salah satu produknya Career Center, yang sebelumnya memiliki nama Comunity College. Comunity College pada awal ditujukan untuk lulusan SMK/SMK, tetapi bertabrakan dan menjadi masalah dengan adanya program pendidikan Diploma 1, untuk itu supaya menghindari masalah tersebut dibentuklah sebuah istilah program pendidikan masyarakat non formal, yang mendidik siswa-siswi/masyarakat putus sekolah yang dinamakan dengan Program Career Center.

Oleh karena itu Program Career Center harus dipisahkan dengan pendidikan non-reguler yang tidak memiliki ikatan usia, jenjang pendidikan peserta didiknya.

Sharing Career Center dari SMK 2 Muhammadiyah Mertoyudan

Oleh : Drs. Ngudiyono

Budidaya ikan Lele dan ikan Pelus

Budidaya ini disesuaikan dengan kondisi pendidikan dan letak geografis masyarakat setempat, dengan teknik rekruitmen peserta melalui

  1. Pamong desa
  2. Siaran Radio
  3. Pemberitahuan secara langsung kepada peserta
  4. Selebaran

Persiapan :

  1. Rapat persiapan
  2. Penyusunan rencana kerja
  3. Pencarian tempat magang peserta CC

Sharing Career Center dari SMK Negeri 2 Magelang

Oleh : Bp. Jawardi

Bidang Marketing

Mengapa memilih bidang marketing :

  1. Peluang kerja di bidang marketing luas
  2. Sarana pembelajaran yang dimiliki SMK N 2 Magelang sangat mendukung program Career Center
  3. Sumber daya pemateri ada dengan didukung oleh para guru dan dari praktisi
  4. Tempat magang sangat murah dan mudah didapat
  5. Operasional lebih murah

Program Career Center yang dikembangkan :

  1. Kurikulum
  2. AMT (Acievement Motivation Training)
  3. Indoor Training (kegiatan marketing di dalam sekolah)
  4. Outdoor Training (kegiatan marketing di luar sekolah)

Proses Kegiatan program CC :

  1. Sosialisasi di kelurahan baik berupa brosur/leaflet
  2. Menempel leaflet di SMA pada saat kelulusan
  3. Proses seleksi
  4. Kegiatan laporan peserta CC pada setiap kegiatan siswa
  5. Sertifikat CC yang diketahui sekolah dan institusi pasangan

Tenaga pengajar eksternal :

  1. Staf marketing Matahari
  2. BPR (Bank Perkreditan Rakyat)
  3. Staf marketing Asuransi Sun Life

Pembukaan Workshop

Oleh : Bpk. Kartono

Pengertian dari Jawa Tengah sebagai Propinsi Vokasi adalah Propinsi Jawa Tengah dapat sebagai propinsi pusat rujukan penyelenggaraan pendidikan. Kegiatan Career Center merupakan program lama yang merupakan salah satu pendukung program Propinsi Jawa Tengah sebagai Propinsi Vokasi, yang melibatkan SMK-SMK penyelenggara Career Center di Jawa tengah. Hendaknya SMK-SMK di jawa tengah mendukung dan berperan seta dalam pelaksanaan program Propinsi Jawa Tengah sebagai Propinsi Vokasi. Telah diketahui data bahwa terdapat 215 SMK sebagai penyelenggara Career, tetapi belum ada data tentang kompetensi yang diajarkan dan data peserta CC. Untuk itu masing-masing sekolah perlu membuat data laporan tentang profil program Career Center yang meliputi :

  1. Kompetensi yang diajarkan
  2. Jumlah peserta setiap tahun penyelenggaraan
  3. Jumlah peserta Career Center total
  4. Output (Jumlah lulusan peserta CC setiap tahun)
  5. Outcome (Jumlah peserta yang sudah  bekerja)

Hendaknya data SMK penyelenggara Career Center tidak hanya berhenti pada outcome, tetapi hendaknya dapat mendidik peserta Career Center sampai pada pembinaan cluster-cluster.  Selain itu hendaknya setiap SMK penyelenggara program memiliki buku panduan penyelenggaraan program pendukung Jawa Tengah sebagai Propinsi vokasi yang meliputi :

  1. BKK (Bursa Kerja Khusus)
  2. Career Center
  3. Business Center
  4. Teaching Factory
  5. TUK (Tempat Uji Kompetensi)
  6. Katalog Karya SMK

Sharing Career Center dari SMK Warga, Solo (Pusdiklat SUZUKI)

Proses Pendidikan dan Latihan dilaksanakan satu tahun baik teori maupun praktik. Proses pendidikan ini meliputi :

  1. Praktik manajemen
  2. Kunjungan Pabrik
  3. Praktik bengkel
  4. Bakti Sosial

Kegiatan Praktek Belajar Mengajar :

  1. Pengenalan kurikulum
  2. Etika
  3. PSB
  4. Pengenalan kegiatan luar kampus
  5. Kuliah pertama

Proses Rekruitmen siswa:

  1. Brosur
  2. Pamflet
  3. TV lokal
  4. Dealer-dealer SUZUKI
  5. Alumni
  6. Biaya PBM selama 1 tahun Rp. 6.000.000

Pembuatan rencana buku panduan CC dan profil CC kelompok TekInf

KATA PENGANTAR

BAB I. PENDAHULUAN

  1. Pengertian
  2. Landasan Hukum
  3. Tujuan
  4. Sasaran

BAB II. PROGRAM KEGIATAN

  1. Kompetensi yang dilatihkan
  2. Alokasi waktu pelatihan (dibagi menjadi jangka pendek min 500 jam, jangka menengah 4-6 bln, jangka panjang 10-12 bln)
  3. Kurikulum
  4. Tenaga Instruktur (Jumlah dan asal baik dari sekolah/masyarakat/DUDI)
  5. Peralatan (Nama, asal alat baik dari sekolah ataupun dari DU/DI)

BAB III. RENCANA ANGGARAN KEGIATAN

  1. Biaya operasional kegiatan (75%)
  2. Biaya peralatan tambahan (15%)
  3. Biaya administrasi dan laporan (10%)

Disebutkan asal sumber pembiayaan, apakah dari pemerintah atau dari dana Swadaya.

BAB IV. PENUTUP

  1. Kesimpulan
  2. Saran
About these ads

Comments on: "CAREER CENTER SMK" (4)

  1. MARDIJONO said:

    serifikat peserta CC supaya bisa digunakan untuk bekerja di Industri perlu validasi dari lembaga pemerintah atau yang berkompeten.

  2. MARDIJONO said:

    Sekolah yang mendapatkan CC adalah sekolah yang benar-benar mempunyai peralatan yang mumpuni.

    • hahahaha …. bukan sekolah yang mempunyai peralatan yang mumpuni mas, tetapi yang bisa memanfaatkan peralatan sebaik mungkin. Di tempat kita untuk komputer CC kita menggunakan komputer yang umurnya sudah di atas 5 tahun semua, yang dibeli tahun 2004

Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 984 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: