Cahyokrisma's Blog

Belajar terus

Melakukan Perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC

1 Komentar

catatan : Sebelum mempelajari kompetensi dasar ini diharap, terlebih dahulu menguasai kompetensi dasar “Menjelaskan langkah perbaikan PC yang bermasalah”.

Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3)

Dalam memperbaiki PC ada beberap hal yang harus diperhatikan khususnya tentang keamanan dan keselamatan kerja terhadap ESD (electrostatic discharge).  Ada 4 hal pencegahan kerusakan perangkat elektronik terhadap ESD yaitu :

  1. Menjaga semua komponen dalam box anti static, sebelum komponen tersebut digunakan
  2. Pastikan bahwa instalasi listrik di tempat anda telah ditanahkan dengan sempurna
  3. Gunakan matras isolator saat bekerja (matras bisa diganti sandal, sepatu dll yang kering dan jangan sekali-kali menggunakan karpet)
  4. Gunakan gelang anti static (wrist strap)

    gelang anti static

Gelang anti statik dapat melindungi komponen aktif PC seperti Memori dan Processor dari kerusakan. Mengapa demikian ? Bila grounding instalasi rumah atau lab. kita jelek, biasanya pada perangkat seperti chase khususnya yang terbuat dari logam akan menyimpan elektron liar. Hal ini ditandai, jika anda pernah tersengat listrik saat menyentuh chase komputer meskipun tidak terlalu besar. Pada saat anda menyentuh chace komputer, secara otomatis elektron liar pada chase akan berpindah ke tubuh anda. Memang jika dibiarkan begitu saja, elektron liar akan segera netral dari tubuh kita. Elektron liar yang ada di tubuh kita inilah yang disebut dengan listrik statis. Jika elektron liar ini masih ada dalam tubuh kita, kemudian kita memegang komponen aktif dalam PC seperti memori atau processor, atau perangakat IC (integrated circuit) yang lain, maka elektron akan mengalir ke dalam rangkaian memori atau processor atau IC tersebut. Yang perlu diperhatikan bahwa jalur rangkaian dalam komponen aktif seperti memori atau processor adalah sangat kecil dibawah 100 nanometer atau 100×10-9 m. Karena begitu kecilnya jalur pada komponen aktif seperti memori, processor atau IC, membuat jalur di dalamnya rentan untuk putus.

Mungkin tubuh kita tidak merasakan aliran elektron tersebut, tetapi berbeda jika melalui jalur di dalam rangkaian komponen aktif. Efek terburuk dari aliran elektron tersebut adalah putusnya jalur pada rangkaian komponen aktif. Hal inilah yang sering diabaikan oleh para teknisi komputer.

Terkadang memori sebuah PC tidak rusak, tetapi karena keteledoran seorang teknisi, dengan hanya memegang, memori tersebut bisa rusak. Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki gelang anti statik. Sangat mudah sebelum anda melepas atau memasang memori atau processor, silakan tangan anda menyentuh lantai, sehingga elektron liar tersebut akan segera mengalir ke lantai/tanah.

Mengidentifikasi komponen PC yang rusak melalui gejala yang timbul

Setelah kita yakin bahwa diri kita telah aman maka selanjutnya kita bisa melakukan proses diagnosis PC yang bermasalah. Untuk melakukan diagnosis PC yang bermasalah kita dapat melihat dari gejala yang ditunjukkan saat komputer dinyalakan. Adapun gejala tersebut dapat dibagi menjadi :

  1. Tampilan visual. Tampilan visual dapat kita lihat dari tampilan monior ataupun kondisi fisik dari PC itu sendiri.
  2. Kode beep. Seringkali PC yang bermasalah akan menunjukkan gejala bunyi beep, yang dikenal dengan istilah beep code. Beep code memiliki spesifikasi bunyi yang berbeda beda berdasarkan jenis BIOS Motherboard/Mainboard.

 
Uraian diagnosis PC yang bermasalah sudah kita bahas pada artikel “Menjelaskan langkah perbaikan PC yang bermasalah“.  Jika proses diagnosis permasalahan PC selesai, segera kita melakukan lokalisir permasalahan dengan menentukan blok permasalahanya (misal saat PC dinyalakan tidak ada led power indikator menyala atau kipas power supply tidak berputar maka dapat dinyatakan bahwa permasalahan terdapat pada blok power supply). Dengan hasil tersebut  segera kita  mencocokkan hasilnya dengan flowchart troubleshooting di bawah ini.

Kegagalan Power Supply

kegagalan power supply

Kegagalan Video

Kinerja Video

Kegagalan Motherboard, CPU, RAM


Kinerja Motherboard, CPU, RAM

Kegagalan IDE Drive

Proses boot dan kinerja Harddrive

CD dan DVD playback

cd and dvd playback

Melepas dan mengganti komponen PC

Power Supply

replacing power supply

Mainboard

Penugasan praktik laboratorium

Sesuai dengan 6 langkah utama dalam troubleshooting PC “step 5-6” melokalisir permasalahan PC dan menerapkan kemungkinan solusi . Tuliskan gejala permasalahan/kerusakan PC anda sesuai dari hasil diagnosis permasalahan/kerusakan PC pada report sheet di bawah ini :

Gejala masalah/kerusakan PC Alternatif solusi Alat Bantu/tools kit
……………………………………………. 1. …………………………………………2. …………………………………………dst 1. ………………………….2. ………………………….dst

Penulis: cahyokrisma

Saya seorang guru di sekolah Swasta di SMK Kristen 5 Klaten. Saya memiliki seorang istri dengan nama Natalie Putri dan seorang anak dengan nama Nucleo Dian Nagari Putro Nugroho. Saya tinggal di di sebuah kota di daerah Jawa Tengah tepatnya di daerah Klaten dengan alamat Perum Griya Husada Permai Blok D3, RW 10 RT 01, Kec. Klaten Selatan, Kab. Klaten, 57424

One thought on “Melakukan Perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC

Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s