Cahyokrisma's Blog

Belajar terus

MEMAHAMI DAN MENALAR HUBUNGAN KOMPUTER DAN JARINGAN

3 Komentar

DEFINISI

Data adalah keterangan atau bahan nyata yg dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan)

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima, yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang bersifat fakta yang digunakan untuk pengambilan kesimpulan.

Komunikasi pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami

 

PRINSIP KOMUNIKASI

“Komunikasi terjadi jika saya berbicara, anda dapat mengerti, dan sebaliknya jika anda yang berbicara, saya mengerti”.

Jadi jika anda berbicara dengan seseorang, dan orang tersebut tidak mengerti, atau bahkan sebaliknya, maka komunikasi tidak bisa terjadi.

Komunikasi data adalah hubungan atau interaksi (pengiriman dan penerimaan) data antara perangkat melalui media penghantar atau media transmisi. Komunikasi data seperti halnya orang yang saling berkomunikasi, yang melibatkan komponen : pesan, pengirim, media dan penerima.

komunikasi orang

 

Dari gambar di atas dapat diambil kesimpulan bahwa

  1. Pengirim/sender adalah seseorang yang memiliki gagasan atau pesan yang biasanya memulai percakapan.
  2. Pesan/message adalah informasi atau gagasan yang dibagikan.
  3. Media/medium adalah metode atau jalur yang digunakan untuk mengirim pesan.
  4. Penerima/receiver adalah seseorang yang menerima pesan.

Proses komunikasi data ditandai dengan adanya sebuah transmisi data dalam media penghantar. Pengertian transmisi data itu sendiri merupakan proses pengiriman data dari sumber data ke penerima data melalui media pengiriman tertentu. Dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari suatu transmisi data yaitu : kualitas sinyal yang ditransmisi dan karakteristik media transmisi. Bagaimanakah data bisa mengalir melalui peralatan ? Ada 3 mode transmisi data :

  1. Simplex : transmisi data, dimana data hanya mengalir dalam satu arah pada jalur komunikasi data. Contoh : Stasiun radio dengan penerima radio, stasiun televisi dengan televisi di rumah, transfer data dari keyboard ke komputer, dll. Ini bisa diumpamakan seperti sebuah jalan raya satu jalur. Kendaraan yang melewati jalan raya satu jalur, hanya dapat berjalan dalam satu arah.

simplex

  1. Half duplex : transmisi data, dimana data secara bergantian mengalir dalam dua arah pada jalur komunikas. Contoh : handy talkie, interkom.

half duplex

Ini bisa diumpamakan 2 buah stasiun yang dihubungkan dengan satu jalur rel kereta api. Stasiun A mengijinkan kereta api A  menuju stasiun B, jika rel dalam keadaan tidak digunakan oleh stasiun B. Begitu juga sebaliknya, stasiun B bisa mengijinkan kereta api B menuju stasiun A jika rel tidak digunakan oleh stasiun A.

train half duplex

  1. Full duplex : transmisi data, dimana data mengalir dalam dua arah pada jalur komunikasi secara serempak/sinkron. Contoh : telephone, video chat, text chat. Ini bisa diumpamakan seperti jalan raya dua jalur, yang memungkinkan kendaraan melintas dua arah.

full duplex

 

Perbedaan antara komunikasi antara orang dan komunikasi data adalah adanya komponen tambahan, yang dinamakan dengan protocol.  Jika kita modelkan bentuk komunikasi data tersebut, maka akan menjadi :

MODEL KOMUNIKASI DATA

Keterangan

  1. Sumber : dari mana data berasal
  2. Pengirim : Perangkat yang mengubah data ke dalam sebuah bentuk yang sesuai dengan media transmisi
  3. Sistem komunikasi : Media penghantar data akan dikirim
  4. Penerima : perangkat yang menerima sinya dan mengubahnya menjadi data atau pesan
  5. Tujuan : Kemana data akan dikirim

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

 

BANDWIDTH

Jumlah data yang bisa dikomunikasikan atau dikirim dalam satu waktu dalam jaringan, diatur oleh bandwidth. Bandwidth adalah jalur data yang digunakan oleh computer untuk berkomunikasi dengan computer lain. Dalam hal ini merujuk pada seberaoa besar sebuah informasi yang bisa dikirimkan. Bandwidth dikukur dalam satuan bps (bit per second). Bandwidth terdiri dari beberapa jalur/channel broadband. Broadband merujuk pada seberapa besar kecepatan data yang dikirimkan. Broadband diukur dalam satuan cps (character per second). Jadi besarnya bandwidth akan mempengaruhi seberapa banyak informasi yang dapat dikirimkan.

 Kabel untuk pertama kalinya dipilih oleh penyedia jasa layanan internet/ISP (internet service provider) untuk membuat sebuah jaringan computer sebagai bandwidth dan channel broadband. Jenis kabel akan menentukan seberapa besar dan seberapa cepat informasi dapat dikirimkan.

 

MEDIA TRANSMISI

Media transmisi adalah media atau alat yang digunakan  untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi ketika mengirimkan suatu data. Data terlebih dahulu diubah menjadi sinyal analog yang bisa dibaca oleh media transmisi atau kode enkripsi dan kode sinyal analog inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. Macam-macam media transmisi dapat diperhatikan pada gambar di bawah ini.

 MEDIA TRANSMISI

MEDIA KABEL

Media kabel lebih baik dari media nirkabel, karena media kabel mampu membawa data dalam jumlah besar tanpa terganggu oleh cuaca, sehingga menghasilkan komunikasi data yang cepat. Adapun macam media transmisi kabel yang digunakan :

  1. Twisted pair (kabel dua kawat).Dikelompokkan menjadi UTP (unshielded twisted pair) dan STP (shielded twisted pair). Kabel jenis ini hanya bisa membawa data dengan kecepatan 1 sampai 128 megabit per detik. Namun karena sudah populer maka kabel ini akan tetap digunakan hingga tahun-tahun mendatang, baik untuk pesan suara (telepon) atau maupun data komputer.
    1. UTP (unshielded twisted pair). adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang dilengkapi dengan shield internal. Ini paling umum digunakan dalam jaringan lokal karena harganya murah, fleksibel dan kinerja bagus. UTP terdapat pelindung satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan, tetapi tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik
    2. STP. adalah kabel tembaga yang memiliki pembungkus timah pada masing-masing pasangan kabel untuk melindungi interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dalam maupun dari luar
  2. Coaxial cable (kabel koaksial). adalah media penyalur/transmitor yang menyalurkan setiap informasi yang telah diubah menjadi sinyal listrik. Kabel ini memiliki kemampuan besar untuk menyalurkan data bidang frekuensi lebar, sehingga bisa mentransmisi kelompok kanan frekuensi percakapan atau program televisi. kabel ini biasanya digunakan untuk komunikasi jarak dekat maksimum 2000 km
  3. Optic Fiber (kabel serat optic). Kabel Fiber Optik adalah teknologi kabel terbaru. Terbuat dari glas optik. Di tengah-tengah kabel terdapat filamen glas, yang disebut “core”, dan di kelilingi lapisan “cladding”, “buffer coating”, material penguat, dan pelindung luar.Informasi ditransmisikan menggunakan gelombang cahaya dengan cara mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya. Transmitter yang banyak digunakan adalah LED atau Laser.Serat-serat ini yang setipis rambut manusia, bisa mentransmisikan hingga 2 miliar getaran per detik (2 Gb); setiap getaran “on” merepresentasikan bit “1″.

TEKNIK KONVERSI DATA

DATA SIGNAL PENDEKATAN
Digital Digital Encoding
Analog Digital Encoding
Analog Analog Modulation
Digital Analog Modulation

Penulis: cahyokrisma

Saya seorang guru di sekolah Swasta di SMK Kristen 5 Klaten. Saya memiliki seorang istri dengan nama Natalie Putri dan seorang anak dengan nama Nucleo Dian Nagari Putro Nugroho. Saya tinggal di di sebuah kota di daerah Jawa Tengah tepatnya di daerah Klaten dengan alamat Perum Griya Husada Permai Blok D3, RW 10 RT 01, Kec. Klaten Selatan, Kab. Klaten, 57424

3 thoughts on “MEMAHAMI DAN MENALAR HUBUNGAN KOMPUTER DAN JARINGAN

  1. terima kasih sudah memberikan materi yang sangat lengkap

    Suka

Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s