Cahyokrisma's Blog

Belajar terus

CARA MENYEMIR SEPATU SUPAYA MENGKILAT

6 Komentar

Penampilan adalah citra diri. Ungkapan tersebut seringkali terucap oleh banyak orang. Semakin rapi dan trendi seseorang, maka semakin percaya diri orang tersebut. Tidak hanya pakaian bermerek, celana berharga mahal atau sepatu dari kulit buaya yang membuat seseorang menjadi percaya diri. Seseorang dengan hanya berpenampilan rapi tanpa harus baru atau bermerek dan berhaga mahal sudah bisa mendongkrak rasa percaya diri seseorang.

Sepatu tidak hanya berfungsi sebagai pelindung kaki, tetapi sepatu merupakan salah satu aksesoris dari sekian banyak aksesoris pendukung penampilan seseorang. Seringkali seseorang mengabaikan hal kecil ini. Baju dan celana terlihat rapi, tetapi sepatu terlihat kusam dan tidak terurus. Sangat menggelikan jika kita melihat seseorang seperti itu. “Apakah sepatu kita terlihat kusam, ataukah terlihat mengkilat ?”.

Untuk itu pada artikel saya kali ini, saya akan memberikan trik, bagaimana membuat sepatu kulit atau yang sejenis yang terlihat kusam menjadi lebih berkilau (ini tidak berlaku untuk sepatu yang terbuat dari kain). Karena banyak orang yang bisa menyemir sepatu, tetapi merasa masih belum puas karena sepatunya tidak bisa terlihat bersinar.

Alat :

  1. Kain basah
  2. Sikat gigi yang sudah tidak terpakai

Bahan :

  1. Semir kiwi padat
  2. Semir kiwi cair  netral

Langkah :

  1. Lap sepatu dengan kain basah sampai bersih, sehingga tidak ada debu atau kotoran yang tertempel.
  2. Angin-anginkan sepatu sampai kering (jangan dijemur), karena jika sepatu dari kulit atau bahan sintetis akan kering dan kaku, sehingga kulit sepatu mudah pecah-pecah.
  3. Oleskan kiwi padat pada permukaan sepatu dengan sikat gigi. Gosok sampai tebal dengan sedikit memberi tekanan, sehingga sepatu menjadi terlihat kusam karena semir. Jangan menggosok sepatu sampai terlihat mengkilat lebih dulu.
  4. Angin-anginkan sepatu sekitar 30 menit atau sekitar 15 menit jika menggunakan kipas angin (jangan dijemur).
  5. Angkat sepatu dan gosok sepatu yang terlihat kusam karena semir dengan sikat gigi sampai terlihat agak mengkilat.
  6. Lakukan 2 kali atau lebih langkah ke4 dan ke 5 sampai sepatu terlihat mengkilat maksimal. Biasanya sepatu akan terlihat mengkilat maksimal pada gosokan yang ke tiga. Dan jika anda belum puas, anda bisa mengulangi langkah ke ke 4 dan seterusnya. Ingat setiap akan menggosok, pastikan sepatu harus diangin-anginkan terlebih dahulu.
  7. Setelah gosokan terakhir, angin-anginkan sepatu lebih lama sekitar 3 jam, atau sekitar satu setengah jam jika menggunakan kipas angin.
  8. Kocok kiwi cair netral, kemudian gosokkan pada seluruh permukaan sepatu. Jangan terlalu irit (olesi agak tebal).
  9. Angin-anginkan kembali sepatu minimal 4 jam atau sekitar 2 jam jika menggunakan kipas angin.
  10. Sepatu siap dipakaidan sepatu anda, saya jamin terlihat sangat mengkilat.

Demikian langkah-langkah menyemir sepatu, supaya terlihat lebih mengkilat dan bercahaya. Memang terlihat sangat repot dan boros sekali. Tetapi dengan menyemir sepatu anda seperti cara saya ini, anda tidak perlu repot lagi menyemir sepatu setiap hari. Lakukan cukup 1 minggu sekali. Setiap hari sesudah dipakai, anda tinggal menggosok sepatu menggunakan sikat gigi tanpa menggunakan semir. Di bawah ini adalah photo satu-satunya sepatu saya yang sudah berusia 3,5 th. Meskipun alas kaki sudah habis, tetapi kulit sepatu tetap terawat walau sudah terlihat keriput.

image

Selamat mencoba. Silakan anda memberikan komentar jika sudah mencoba.

Penulis: cahyokrisma

Saya seorang guru di sekolah Swasta di SMK Kristen 5 Klaten. Saya memiliki seorang istri dengan nama Natalie Putri dan seorang anak dengan nama Nucleo Dian Nagari Putro Nugroho. Saya tinggal di di sebuah kota di daerah Jawa Tengah tepatnya di daerah Klaten dengan alamat Perum Griya Husada Permai Blok D3, RW 10 RT 01, Kec. Klaten Selatan, Kab. Klaten, 57424

6 thoughts on “CARA MENYEMIR SEPATU SUPAYA MENGKILAT

  1. terima kasih gan, tips yang sangat bermanfaat bagi para pecinta sepatu kulit🙂

    Suka

  2. tipanya sangat bermanfaat gan

    Suka

  3. Cara semir sepatu kulitnya mantap gan

    Suka

Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s