Cahyokrisma's Blog

Belajar terus

Debu di atas lemari

Cara mudah membersihkan debu dengan cepat

Tinggalkan komentar

Apakah anda termasuk orang yang suka akan kebersihan. Seringkali kita jengkel dengan debu yang menempel pada perabot kita. Debu yang menempel pada perabot kita atau mungkin yang menempel pada lantai selain bisa merusak perabot itu sendiri, juga dapat berefek buruk bagi pernafasan kita. Cara membersihkan yang salah dapat mengakibatkan kerusakan cat atau permukaan perabot kita.

Hal ini juga terjadi di rumah saya. Kebetulan rumah saya berdekatan dengan pabrik Gula di daerah Gondang, Klaten, sekitar 1 km ke arah timur. Hal yang paling menjengkelkan adalah pada saat Pabrik Gula beroperasi di musim giling tebu. Karena mungkin jeleknya filter cerobong asap atau mungkin kurangnya pekerja membersihkan debu hasil pembakaran, mengakibatkan debu hasil pembakaran terlempar keluar melalui cerobong asap. Sehingga hampir sebagian besar rumah-rumah yang di sekitarnya terkena dampak guguran debu abu hasil pembakaran pabrik gula.

Kebetulan saat menulis artikel ini, bersamaan saya menulis tentang listrik statis yang bisa menarik partikel-partikel kecil saat benda dimuati listrik statis. Oleh karena itu pada kesempatan ini pula saya akan berbagi bagaimana memanfaatkan listrik statis pada kemoceng kita.

Kemoceng dari plastik Rafiah

Sangat simpel dan sederhana bagaimana kita bisa membuat kemoceng kita bermuatan listrik statis, sehingga bisa menarik benda-benda berukuran kecil. Kemoceng yang saya manfaatkan pada saat ini adalah kemoceng yang terbuat dari plastik rafiah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. gosok kemoceng dengan tangan atau kulit kita beberapa saat
  2. dekatkan dan gosokkan kemoceng pada bagian perabot atau lantai kita yang berdebu
  3. debu akan terangkat tertempel pada kemoceng kita
  4. untuk membersihkan debu yang tertempel di kemoceng, bawa kemoceng keluar rumah diangin-anginkan sambil diputar putar

 
Ya…. hanya seperti itu…. Mudah kan ….
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat video di bawah ini :


Ingin belajar tentang listrik statis, silakan baca tentang dari mana listrik muncul/berasal ?

SELAMAT MENCOBA !

Penulis: cahyokrisma

Saya seorang guru di sekolah Swasta di SMK Kristen 5 Klaten. Saya memiliki seorang istri dengan nama Natalie Putri dan seorang anak dengan nama Nucleo Dian Nagari Putro Nugroho. Saya tinggal di di sebuah kota di daerah Jawa Tengah tepatnya di daerah Klaten dengan alamat Perum Griya Husada Permai Blok D3, RW 10 RT 01, Kec. Klaten Selatan, Kab. Klaten, 57424

Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s