Cahyokrisma's Blog

Belajar terus

so logo

SISTEM OPERASI

Tinggalkan komentar

PENGANTAR SISTEM OPERASI

Dalam ilmu komputer, sistem operasi/operating system (OS) adalah

  1. Perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata, pengolah data, pengolah gambar dll.
  2. Penggunaan perangkat keras komputer lebih efisien. Yang dimaksudkan disini adalah penggunaan perangkat yang terhubung dengan komputer bisa dikendalikan dalam sebuah PC. Jaman dahulu, pengoperasian mesin-mesin hampir sebagian besar menggunakan tenaga manusia, sedangkan saat ini semua mesin bisa dikendalikan hanya menggunakan satu buah unit komputer

Mengapa ada sistem operasi :

  1. Mengeksekusi program-program aplikasi dan mempermudah pengguna dalam menyelesaikan masalah komputasi. Pada hakikatnya seseorang menggunakan komputer untuk mempermudah pekerjaannya, seperti halnya seseorang ingin membuat laporan tertulis atau laporan keuangan. Untuk mempermudah pekerjaannya, orang tersebut harus menggunakan program aplikasi yang bisa mendukung dan mempercepat pekerjaannya tersebut, untuk itu dia harus menggunakan sebuah program aplikasi yang bisa mendukung dia membuat laporan tertulis dan program aplikasi keuangan. Contoh program aplikasi untuk membuat laporan : Writer (linux), Microsoft Word (Windows)
  2. Membuat sistem komputer lebih nyaman untuk digunakan. Awal perkembangan sistem operasi, sangatlah sulit seseorang untuk menggunakan dan memahami pengoperasian sistem operasi tersebut, sehingga saat ini sistem operasi benar-benar dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya (user friendly). Dari sisi fasilitas, cara pengoperasian dan tampilannya pun sekarang dibuat lebih lengkap, lebih mudah untuk dioperasikan dan semakin cantik tampilannya.
  3. Ada banyak perangkat keras dari berbagai platform/vendor yang harus dikenali

Di dalam struktur sistem komputer, sistem komputer dibagi dalam 4 komponen, yaitu :

  1. Perangkat keras (Hardware). Perangkat keras komputer berfungsi untuk menyediakan sumber daya dasar komputasi, yaitu
    • CPU (Central Processing Unit)
    • Memori
    • Perangkat I/O (input output)
  2. Sistem Operasi (Operating System). Berguna untuk mengontrol dan mengkoordinasikan kerja perangkat keras melalui penggunaan program aplikasi oleh pengguna.
  3. Program aplikasi. Program aplikasi adalah program yang digunakan untuk menemukan cara menyelesaikan masalah, tentang bagaimana cara menggunakan sumber daya. Contoh : word processor, compilers, web browser, sistem database, video game.
  4. Pengguna.
    • Orang
    • Mesin
    • Komputer lain

Struktur komputer di atas dapat digambarkan sebagai berikut :

Untitled-1

Definisi Sistem Operasi

  1. Sistem Operasi sebagai penentu lokasi (Allocator)
    • Mengelola seluruh sumber daya komputer
    • Menentukan prioritas konflik permintaan dengan pertimbangan sumber daya yang ada
  2. Sistem Operasi sebagai pengontrol program (control program). Berfungsi untuk mengontrol eksekusi beberapa program secara bersamaan untuk mencegah terjadinya kesalahan penggunaan komputer

COMPUTER STARTUP

Pada saat komputer dihidupkan atau dimatikan maka komputer akan menjalankan bootstrap program. Bootstrap program ini disimpan dalam sebuah ROM (Read Only Memory) atau EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), yang biasanya disebut dengan firmware. Fungsi bootstrap ini berperan penting saat menjalankan proses POST (Power on Self Test), dimana komputer mengecek semua kelayakan sistem perangkat keras (hardware) yang terhubung. Jika pada saat proses pengecekan tidak diketemukan masalah yang terjadi, maka bootstrap akan memanggil kernel sistem operasi dan menjalankannya.

Secara umum, sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas, dan antar-muka dengan pengguna. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu sistem operasi.

CIRI-CIRI SISTEM OPERASI

  1. Manajemen file (menambah, menghapus dan memberi nama file)
  2. Dukungan aplikasi
    • Manajemen memori. Sistem operasi mengontrol memori yang dibutuhkan aplikasi
    • Manajemen pertukaran file (swap file management). Mengatur pengambilan informasi dari memori dan menuliskan/menghapus ke dalam hard drives
  3. Dukungan perangkat masukan (input device) dan perangkat keluaran (output device)
    • Input device : keyboard, mouse, dll.
    • Output device : Printer, monitor speaker dll.
  4. Konfigurasi sistem operasi dan perangkat manajemen

CIRI-CIRI TAMPILAN UMUM SISTEM OPERASI

  1. Memiliki desktop (tampilang muka)
  2. Taskbar untuk menjalankan aplikasi
  3. Explorer untuk melihat isi dari hard drives

 

PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI CLOSED SOURCE

Setiap perangkat komputer memiliki platform atau sistem operasi yang berbeda-beda, fungsi dari sistem operasi sendiri adalah sebagai perangkat lunak yang bertugas untuk menjembatani antara pengguna (Brainware) dengan perangkat keras komputer (Hardware), dimana sistem operasi menjadi penterjemah agar pengguna (Brainware) dapar melakukan konfigurasi hardware yang ada. Sistem operasi pada masa lalu hanyalah berbasis text, dimana user mempunyai keterbatasan dalam mengkonfigurasi suatu hardware, sistem operasi masa lalu juga mempunyai keterbatasan dalam menampilkan suatu grafik interface, namun setelah mulai dikembangkan perangkat keras yang mendukung aktifitas grafik barulah mulai dikembangkan sistem operasi yang memiliki kemampuan berbasis GUI  (Graphical User Interface).

Sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
MICROSOFT WINDOWS (CLOSED SOURCE)
Perkermbangan Microsoft Windows
Perkembangan Windows

Perkembangan Windows

Versi awal :
  1. Windows 1.0; pertama di luncurkan 20 November 1985. Komponen meliputi Calculator, Calendar, Cardfile, Clipboard viewer, Clock, Control Panel, Notepad, Paint, Reversi, Terminal and Write

    Windows1.01

    Windows1.01

  2. Windows 2.0; pertama kali diluncurkan Desember 1987. Sistem operasi ini adalah perbaikan dari windows 1.0 dalam hal antar muka pengguna dan manajemen memori

    Windows 2.0

    Windows 2.0

  3. Windows 2.1; pertama kali diluncurkan di pertengahan tahun 1988. Sistem operasi ini adalah perbaikan dari sistem operasi 2.0 yang telah mendukung multitask (pengerjaan tugas bersama-sama).
    Windows_2.1

    Windows_2.1

Windows 3.0 dan 3.1

  1. Windows 3.0; diluncurkan tahun 1990. Sistem operasi merupakan perbaikan dari sistem operasi sebelumnya dalam hal tampilan. Selain itu sistem operasi ini sudah mendukung sharing device.

    Windows 2.0

    Windows 2.0

  2. Windows 3.1; diluncurkan tahun 1992 dan sudah mendukung jaringan peer-to-peer.

    Windows_3.11

    Windows_3.11

Windows 9X

  1.  Windows 95; diluncurkan tanggal 24 Agustus 1995. Sistem operasi ini masih berbasis DOS (Disc Operating System), selain itu telah mendukung aplikasi 32 bit, plug and play hardware, multitasking dan sudah berbasis obyek.

    Windows 95

    Windows 95

  2. Windows 98; diluncurkan pada tanggal 25 Juni 1998. Sistem operasi ini adalah perbaikan dari sistem operasi windows 95 dengan adanya penambahan perangkat USB, ACPI, fasilitas hibernation dan mendukung konfigurasi multi monitor.Windows 98
  3. Windows 98SE (Second Edition); diluncurkan tahun 2000-an. Windows ini ada penambahan fasilitas internet explorer 5.0 dan windows media player 6.2.

    Windows 98 Second Edition

    Windows 98 Second Edition

  4. Windows ME (Millennium Edition); diluncurkan tanggal 14 Desember 2000. Ini adalalah sistem operasi terakhir windows yang berbasis DOS. Sistem operasi ini memiliki kelebihan pada kecepatan proses boot, sudah terintegrasi Windows media player 7, Windows Movie Maker, Windows Image Acquisition, Home networking tools dan aplikasi utilitas seperti System file protection dan System restore.
    Windows ME

    Windows ME

Windows NT

Windows NT diluncurkan pada juli 1993. Sistem operasi ini berbasis high-level-languageprocessor yang independent, multiprocessingmulti-user. Generasi Windows NT adalah :

  1. Windows NT 3.1 edisi workstation dan advance server
  2. Windows NT 3.5 edisi wordkstation dan server
  3. Windows NT 3.51 edisi workstation dan server
  4. Windows NT 4.0 edisi workstation, server, server enterprise edition, terminal server
    Windows NT

    Windows NT

  5. Windows 2000; diluncurkan tanggal 15 Desember 1999. Sistem operasi ini digunakan untuk komputer cilent server.

Windows XP30 Nopember 2006

Sistem operasi  ini diluncurkan tanggal 25 Oktober 2001 dan didesain untuk User-Interface (update start menu dan task oriented), streamline multimedia dengan fitur jaringan, internet explorer 6 dan compatible dengan windows sebelumnya.

Windows XP

Windows XP

Windows Vista dan Sistem Operasi selanjutnya
  1. Windows Vista; diluncurkan pada tanggal 30 Nopember 2006. Sistem operasi ini terdiri sejumlah fitur baru dan layout serta tampilan yang lebih menarik.

    Windows_Vista

    Windows Vista

  2. Windows 7; diluncurkan pada tanggal 22 Juni 2009. Sistem operasi ini memiliki kelebihan salah satunya adalah cocok (compatible) dengan banyak variasi aplikasi dan hardware, serta didukung multi-touch (pengembangan dari touchpad dan touchscreen yang memungkinkan kita lebih nyaman berinteraksi dengan komputer).
    Windows 7

    Windows 7

    250px-Multitouch_screen.svg

    Multi-Touch

  3. Windows 8; diluncurkan tanggal 26 Oktober 2012. Sistem operasi ini adalah pengganti sistem operasi Windows 7. Sejumlah perubahan sejumlah interface berbasis Metro design language untuk optimalisasi perangkat sentuh seperti tablet dan all-in-one PC.

    Windows 8

    Windows 8

MACINTOSH OS (Closed Source)

Generasi sistem operasi Macinthosh :Mac_OS_X_Timeline_of_Versions

  1. Rhapsody. Diluncurkan 14 Mei 1998

    Rhapsody OS

    Rhapsody OS

  2. Mac OS Server 1.0. Diluncurkan 16 Maret 1999

    Yosemite_Server_10.10

    Yosemite_Server_10.10

  3. Public Beta yang dikenal dengan nama “Kodiak”. Diluncurkan 13 September 2000

  4. Mac OS X v 10.0 yang dikenal dengan nama “Cheetah”. Diluncurkan 24 Maret 2001
  5. Mac OS X v 10.1 yang dikenal dengan nama “Puma”. Diluncurkan 25 September 2001
  6. Mac OS X v 10.2 yang dikenal dengan nama “Jaguar”. Diluncurkan 24 Agustus 2002
  7. Mac OS X v 10.3 yang dikenal dengan nama “Panther”. Diluncurkan 24 Agustus 2003
  8. Mac OS X v 10.4 yang dikenal dengan nama “Tiger”. Diluncurkan 29 April 2005
  9. Mac OS X v 10.5 yang dikenal dengan nama “Leopard”. Diluncurkan 25 Oktober 2006
  10. Mac OS X v 10.6 yang dikenal dengan nama “Snow Leopard”. Diluncurkan 28 Agustus 2009
  11. Mac OS X v 10.7 yang dikenal dengan nama “Lion”. Diluncurkan 20 Juli 2011
  12. Mac OS X v 10.8 yang dikenal dengan nama “Mountain Lion”. Diluncurkan 25 Juli 2012
  13. Mac OS X v 10.9   yang dikenal dengan nama “Mavericks”. Diluncurkan 22 Oktober 2013
  14. Mac OS X v 10.10   yang dikenal dengan nama “Yosemite”. Diluncurkan 16 Oktober 2014
  15. Mac OS X v 10.11  yang dikenal dengan nama “El Capitan”. Diluncurkan 30 September 2015
  16. Mac OS X v 10.9   yang dikenal dengan nama “Slerra”. Diluncurkan tahun 2016

 

 

Penulis: cahyokrisma

Saya seorang guru di sekolah Swasta di SMK Kristen 5 Klaten. Saya memiliki seorang istri dengan nama Natalie Putri dan seorang anak dengan nama Nucleo Dian Nagari Putro Nugroho. Saya tinggal di di sebuah kota di daerah Jawa Tengah tepatnya di daerah Klaten dengan alamat Perum Griya Husada Permai Blok D3, RW 10 RT 01, Kec. Klaten Selatan, Kab. Klaten, 57424

Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s