Cahyokrisma's Blog

Belajar terus

Sumber : http://www.bil-lander.com/products-services/consutancy/social-media-logos-around-globe-via-clustermedia-com-my-site/

JEJARING SOSIAL PENDIDIKAN

Tinggalkan komentar

Siapa yang tidak mengenal facebook, twitter, friendster, YouTube, google+, Linkedln, instagram, pinterest, vine, Tublr, dll ? Mereka adalah sebuah layanan jejaring sosial/a social networking service  yang dapat diakses secara online, dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun. Terlebih lagi saat ini internet bukanlah hal yang asing bagi anak-anak muda sekarang. Selain menggunakan sebuah PC, laptop, internet TV akses internet saat ini sangat mudah sekali diakses menggunakan perangkat elektronik kecil seperti handphone, smarphone dan tablet. Pada saat ini layanan jejaring sosial merupakan trend yang sedang marak dalam beberapa tahun terakhir ini. Hampir setiap anak muda saat ini telah memiliki satu atau bahkan lebih akun jejaring sosial. Hal ini disebabkan karena melalui sebuah jejaring sosial mereka memiliki kesempatan untuk menjalin dan membangun sebuah relasi/hubungan sosial dengan orang-orang yang mereka kenal, atau bahkan orang-orang yang tidak mereka kenal. A social networking service atau sebuah layanan jejaring sosial telah menyediakan berbagai fasilitas berbasis web penunjang bagi pengguna untuk berinteraksi melalui internet seperti email, pesan singkat, dan berbagai gabungan alat informasi dan komunikasi seperti mobile connectivity, foto, video, berbagi sumber daya dan blogging.

Tetapi dibalik itu apakah anda tahu keuntungan dan kelebihan dari sebuah layanan jejaring sosial berbasis web ?

Diambil dari sebuah website di http://socialnetworking.lovetoknow.com/Advantages_and_Disadvantages_of_Social_Networking, sebuah layanang jejaring sosial akan akan dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya dan bahkan kerugian bagi penggunanya. Adapun keuntungan menjadi anggota sebuah jejaring sosial adalah :

  1. World Wide Connectivity/
    Bukanlah suatu masalah lagi bagi anda untuk mencari teman yang sudah lama tidak bertemu, atau orang yang mungkin tidak anda kenal dengan menggunakan jejaring sosial. Melalui media jejaring sosial seseorang dapat menjalin dan bahkan membuat teman baru, koneksi bisnis dan mem-publish data/profil diri anda. Dengan adanya koneksi ini, seseorang bisa :

    • Mencari pasangan
    • Mencari pekerjaan baru
    • Bantuan untuk menemukan sesuatu
    • Mendapatkan dan memberikan rujukan produk dan jasa
    • Saling memberikan dukungan
    • Memberi dan menerima saran tentang pribadi
  2. Commonality interest
    Jika anda membuat atau ikut dalam suatu komunitas sebuah jejaring sosial, anda bisa menentukan siapa orang-orang yang dapat masuk sebagai anggota komunitas baik yang memiliki kesamaan hobi, pekerjaan, kesenangan, pendapat, kebutuhan, dll. Melalui komunitas tersebut maka anda dapat saling bertukar pendapat dan pengalaman dengan orang-orang dalam satu komunitas tersebut.
  3. Real-Time information sharing/bertukar informasi secara langsung
    Sebagian besar situs jejaring sosial memiliki fitur pesan instan, yang berarti anda dapat bertukar informasi secara real time melalui media chating.
  4. Free advertising/iklan gratis
    Apakah anda memiliki sebuah usaha baik berupa produk atau jasa ? Dengan media jejaring sosial anda dapat mempromosikan dan menyebarkan informasi sebuah produk atau layanan secara mudah dan gratis.
  5. Increased news cycle speed
    Jejaring sosial telah merevolusi kecepatan siklus berita. Banyak organisasi berita sekarang telah bermitra dengan situs jejaring sosial seperti Twitter, YouTube, dan Facebook, untuk mengumpulkan informasi dan berbagi informasi. Bahkan untuk saat ini beberapa lembaga survey juga telah menggunakan fasilitas jejaring sosial untuk mendukung proses jajak pendapat mereka.

 
Adapun kerugian dengan adanya jejaring sosial :

  1. Pertemuan tatap muka menjadi langka
    Dengan adanya jejaring sosial, maka itensitas waktu seseorang di depan komputer akan semakin banyak, dan semakin berkurangnya itensitas seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Mengapa seseorang lebih nyaman bersosialisasi menggunakan media jejaring sosial dibanding dengan bersosialisasi secara langsung ? Itu semata mata dikarenakan kita akan sangat sulit untuk mengatakan “iya” atau “tidak” kepada orang lain secara langsung dibanding pada saat anda mengatakannya di media jejaring sosial. Dan jika anda merasa tidak nyaman dengan seseorang, maka dengan mudah di media jejaring sosial anda dapat melakukan pemblokiran akun lawan anda, dan ini sangat sulit dilakukan jika anda melakukan secara langsung dengan bertatap muka.
  2. Cyberbullying dan kejahatan terhadap anak
    Cyberbullying adalah segala bentu kekerasan yang dialami anak atau remaja yang dilakukan oleh teman seusia mereka melalui internet. Penggunaan jejaring sosial dapat mengekspos individu, sehingga rentan terhadap pelecehan dari orang lain
  3. Resiko penipuan dan pencurian identitas
    Apakah anda suka mem-posting informasi tentang anda ? Kebanyakan pencuri di dunia maya hanya memerlukan sedikit potongan penting dari informasi seseorang.
  4. Menghabisakan waktu
    Sebuah laporan dari Dorie Clark dari Huffington Post, melaporkan bahwa dari sekian waktu yang dihabiskan seseorang untuk mengakses internet, 17% dari waktu tersebut adalah digunakan untuk kegiatan yang sia-sia. Bahkan lebih lagi dilaporkan bahwa pengguna facebook siap bulan bisa menghabiskan waktu sekitar 6 jam.

 

Sebuah studi oleh John D dan Catherine T. MacArthur Fondation, menunjukkan media jejaring sosial dapat sangat efektif digunakan sebagai media fasilitas belajar online siswa. Selain itu, internet bisa dikatakan sebagai “Ultimate online book“. Sehingga siswa tidak perlu lagi harus membawa beberapa buku sekaligus dari perpustakaan untuk dibaca, tetapi dengan menggunakan media internet siswa dapat menemukan beberapa literatur buku sekaligus. Media jejaring sosial bisa menjadi alat bantu bagi guru untuk mendukung proses pembelajaran sehingga lebih mudah untuk akses dimanapun, dan kapanpun.

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa media jejaring sosial yang relevan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Adapun beberapa media jejaring sosial pendidikan ini adalah :

  1. twiducate : http://www.twiducate.comtwiducate login
  2. Tween Tribune : http://tweentribune.com/tweentribune
  3. Edu2.0 : https://www.neolms.com/neolms
  4. Wikispaces Classroom : http://www.wikispaces.com/wikispaces
  5. Edmodo : https://www.edmodo.com/edmodo
  6. Sumdog : http://www.sumdog.com/sumdog

Penulis: cahyokrisma

Saya seorang guru di sekolah Swasta di SMK Kristen 5 Klaten. Saya memiliki seorang istri dengan nama Natalie Putri dan seorang anak dengan nama Nucleo Dian Nagari Putro Nugroho. Saya tinggal di di sebuah kota di daerah Jawa Tengah tepatnya di daerah Klaten dengan alamat Perum Griya Husada Permai Blok D3, RW 10 RT 01, Kec. Klaten Selatan, Kab. Klaten, 57424

Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s